Penting! 4 Alasan Perusahaan Startup Patut Dilirik Pencari Kerja

Penting! 4 Alasan Perusahaan Startup Patut Dilirik Pencari Kerja
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Perusahaan rintisan atau startup rupanya memiliki daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja. Meski masih ada pandangan bahwa startup merupakan perusahaan yang belum mapan, namun saat ini mulai banyak dicari para pencari kerja.

Beberapa hal yang menjadi daya tarik startup berdasarkan penilaian Jobplanet, antara lain budaya perusahaan, gaji dan tunjangan, serta jenjang karier yang lebih baik daripada yang ditawarkan korporasi. Selain itu, startup juga memberi ruang yang cukup bagi karyawannya untuk bisa mempertahankan keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan keluarga.

Chief Product Officer Jobplanet Indonesia, Kemas Antonius mengungkapkan, perkembangan teknologi dan pertumbuhan pasar digital di Indonesia membuka banyak peluang bagi startup.

"Beberapa jenis startup yang diyakini akan berkembang adalah startup yang bergerak dalam bidang e-commerce serta on-demand service yang menghubungkan orang dengan layanan jasa melalui aplikasi, seperti Gojek," katanya melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (20/2).

Berikut ini merupakan hasil analisis daya tarik startup yang dilakukan terhadap 51 startup yang terdaftar di website Jobplanet. Untuk rating tertinggi adalah 5,0 yang mewakili penilaian “sangat puas".

Budaya Perusahaan

Rating budaya perusahaan startup yang tertinggi diraih oleh Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.com. Ketiganya sama-sama mendapat rating 4,3. Menyusul di belakang mereka adalah Blibli.com (4,2), OLX Indonesia (4,0), Lazada (3,8), Go-Jek (3,7), Bhinneka.com (3,4), KMK Online (2,7), dan Zalora (2,3).

“Rating 4,0 mewakili penilaian ‘puas’. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa karyawan ataupun mantan karyawan Tokopedia, Traveloka, Bukalapak.com, Blibli.com, dan OLX Indonesia merasa puas dengan budaya perusahaan tempat mereka bekerja,” tutur Kemas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News