Jumat, 14 Desember 2018 – 03:58 WIB

Penting! Ini Beberapa Hal yang Perlu Dibahas Sebelum Naik ke Pelaminan

Rabu, 26 April 2017 – 23:02 WIB
Penting! Ini Beberapa Hal yang Perlu Dibahas Sebelum Naik ke Pelaminan - JPNN.COM

Buku Nikah. Ilustrasi Foto: Jawa Pos Group/dok.JPNN.com

jpnn.com - Perlu keberanian untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Meski begitu, keputusan tersebut tetap harus diambil berdasarkan pertimbangan yang matang.

Ada beberapa topik krusial yang harus dibahas pasangan sebelum menikah. Bukan sekadar rencana honeymoon, tetapi juga kehidupan baru setelahnya.

Berikut beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan diskusi seperti yang diambil dari buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan karya TigaGenerasi.

Wajib terbuka urusan finansial. Di antaranya, pendapatan dan aset masing-masing yang dimiliki sejak sebelum menikah. Bila ada harta yang didapat dari orang tua, bagaimana pengelolaannya.

Tinggal di mana. Apakah sudah ada rumah yang akan ditinggali berdua, sewa apartemen, mengontrak, atau tinggal bersama ortu. Semua harus dipertimbangkan sebelum menikah.

Rencana anak. Apakah sudah siap memiliki anak atau ada salah satu yang belum menginginkan buah hati. Sebaiknya dibicarakan sebelum menikah.

Lalu soal kesehatan. Pentingnya medical checkup sebelum menikah adalah mengetahui kondisi fisik pasangan, titik lemah kesehatan, dan tahu cara merawatnya. Bukan untuk mendekati risiko batalnya pernikahan.

Misalnya, pasangan punya alergi, kita tahu pencegahannya. Atau, pasangan yang sama-sama talasemia, jadi punya pertimbangan dalam hal rencana memiliki anak.

Sumber : Jawapos.com
SHARES
TAGS   Pernikahan
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar