Pentingnya Digitalisasi Untuk Kesejahteraan Petani

Pentingnya Digitalisasi Untuk Kesejahteraan Petani
Ilustrasi. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Penggiat teknologi Aris Hendrawan mengapresiasi pemerintah yang gencar melakukan reformasi di berbagai sektor, termasuk pertanian, demi kesiapan menuju revolusi industri 4.0.

Aris mengatakan, semua aspek akan terasa mudah jika dibarengi meningkatnya teknologi. "Apa pun yang dilakukan jika dibarengi dengan teknologi akan semakin mudah. Termasuk digitalisasi pertanian,” kata Aris.

Dia mengungkap hal tersebut dalam acara Rabu Satu bertema Infrastruktur Digital dan Reforma Agraria di Nusa Kopi, Jakarta, Rabu (20/2).

Aris merupakan penggiat yang tergabung dalam Prestani, salah satu kelompok yang concern terhadap teknologi pertanian yang memudahkan para petani.

“Prestani concern terhadap teknologi pertanian. Nantinya teknologi ini akan semakin memudahkan para petani pratanam sampai panen,” tuturnya.

Teknologi pertanian ini, lanjut Aris, berbentuk platform yang nantinya berbasis internet yang tersedia di ponsel pintar berbasis Android. Setidaknya ada beberapa fitur di dalamnya. Salah satunya pengadaan sarana produksi.

“Kami menciptakan sebuah platform yang nantinya berbasis internet dengan beberapa fitur,” ujarnya.

Di sisi lain, Aris juga mengungkap rasa prihatinnya terhadap jumlah pendamping desa yang masih jauh dari cukup.

Semua aspek dalam dunia pertanian diakini akan lebih mudah dengan digitalisasi. Sejak sebelum tanam hingga panen, petani bakal dimudahkan dengan teknologi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News