Pentingnya Keberadaan Orang Tua Mendampingi Anak Belajar saat Pandemi COVID-19

Pentingnya Keberadaan Orang Tua Mendampingi Anak Belajar saat Pandemi COVID-19
Bunda PAUD Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Sri Lestari Sulkarnain (tengah) saat menjadi Key Note Speaker dalam Webinar Gembira Belajar di Rumah Selama Pandemi COVID-19. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Kendari

jpnn.com, KENDARI - Semua orang tua diharapkan selalu mendampingi anaknya saat melaksanakan proses belajar di rumah di tengah pandemi COVID-19.

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), Sri Lestari Sulkarnain mengatakan hal tersebut, merujuk kepada kebijakan pemerintah yang dikeluarkan untuk memutus mata rantai penularan COVID–19 melalui Surat Edaran Menteri Pendidikan Nomor 04 Tahun 2020, mewajibkan agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah.

"Hal ini mengakibatkan anak akan belajar dari rumah (BDR) dan orang tua mendampingi anak dalam proses belajar tersebut. Di masa pandemi COVID–19 ini juga orang tua diingatkan bahwa mereka adalah pendidik yang pertama dan utama," kata Sri Lestari, di Kendari, Minggu (11/10).

Dia mengungkapkan orang tua harus mengambil hikmah di tengah pandemi COVID-19.

Menurutnya, kondisi pandemi ini adalah kesempatan baik keluarga untuk melakukan kegiatan bersama, makan bersama, beribadah bersama, termasuk belajar bersama yang selama ini sulit untuk dilakukan.

"Terutama bagi orang tua yang memiliki kesibukan yang mengakibatkan mereka pergi pagi pulang malam karena faktor pekerjaan utamanya di perkotaan," ujar Sri Lestari.

Kondisi pandemi COVID-19 ini adalah kesempatan baik keluarga untuk melakukan kegiatan bersama, termasuk belajar bersama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News