Penuh Haru dan Tangis, Anak Yatim Berdoa di Haul Bung Karno

Penuh Haru dan Tangis, Anak Yatim Berdoa di Haul Bung Karno
Ratusan anak yatim memanjatkan doa di haul ke-48 Bung Karno di Blitar. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, BLITAR - Ratusan anak yatim ikut hadir dalam haul ke-48 Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, Rabu (20/6). Mereka memanjatkan doa penuh haru untuk Presiden pertama RI tersebut.

Rangkaian kegiatan haul sudah dimulai sejak 1 Juni lalu dan berlangsung sampai akhir bulan. Hari ini, giliran doa dipanjatkan anak-anak yatim piatu dari Sidoarjo. Sekitar 100 anak menaiki bus bersama peziarah dewasa yang lain. Sesampai di makam, mereka berdoa sebelum puncak haul ke-48 Bung Karno dimulai.

“Kami mohon doa anak-anak yatim piatu untuk arwah Bung Karno, agar mendapat kemuliaan yang setinggi-tingginya di sisi Allah SWT,” kata Tito Pradopo, pemimpin rombongan dari Sidoarjo.

Selain itu, ada pula rombongan anak yatim piatu dari Yayasan Nur Irsyam, Kecamaan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Doa berlangsung dengan syahdu dan penuh khidmat. Tak sedikit anak yatim yang ikut meneteskan air mata mengenang sang proklamator.

“Saya tahu Bung Karno dari buku sejarah. Saya mengidolakan beliau. Semoga beliau mendapat tempat mulia di sisi Allah SWT,” ujar Ahmad, seorang anak yatim yang juga pelajar SMP di Kota Blitar.

Selain itu, di lokasi makam juga berlangsung kegiatan doa. Mereka bergantian melakukan ritual doa di pelataran. Menurut jadwal, Haul Bung Karno akan didahului dengan pembacaan Surat Yasin dan tahlil untuk mendoakan arwah Bung Karno. Kegiatan ini bersamaan dengan doa anak-anak yatim dan warga masyarakat yang berziarah.

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, yang juga putri Bung Karno dan Ketua Umum PDI Perjuangan, dijadwalkan akan menghadiri Haul Bung Karno. Selain Bu Mega, juga Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, dan puluhan kiai-kiai sepuh NU.

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, juga direncanakan hadir. Begitu pula sejumlah pejabat tinggi negara. Ada pula Mahfud MD dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), mantan Ketua Mahkamah Konstitusi.

Rangkaian kegiatan haul Bung Karno sudah dimulai sejak 1 Juni lalu dan berlangsung sampai akhir bulan ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News