Penuhi Semua Kriteria, Airlangga Hartarto Capres Ideal Versi Jokowi

Penuhi Semua Kriteria, Airlangga Hartarto Capres Ideal Versi Jokowi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat bersama Presiden Jokowi. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Komunikasi politik Emrus Sihombing menilai kriteria capres yang dilontarkan Presiden Jokowi di acara musra akhir pekan lalu sudah ada pada Airlangga Hartarto.

Keberanian mengambil kebijakan dan kemampuan menghadapi ketidakpastian ekonomi global menjadi keunggulan ketua umum Partai Golkar tersebut.

"Semua syarat yang dikatakan presiden Jokowi ada di Airlangga Hartarto. Salah satu keberaniannya mengambil kebijakan ekonomi yang baik saat covid-19 sehingga perekonomian terjaga dengan baik," ujarnya saat dihubungi, Selasa (16/5).

Emrus mengatakan kebijakan ekonomi yang dilakukan Airlangga tahun 2021 yakni mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar yang signifikan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal II 2021 mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7,07 persen. Angka itu menjadi yang tertinggi dalam 17 tahun terakhir atau sejak 2004.

Kemudian sejak covid hingga saat ini Indonesia tidak mengalami kelesuan ekonomi seperti yang terjadi beberapa negara di dunia akibat pandemi.

"Sebaliknya, secara makro pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat luar biasa," ujarnya.

Emrus juga menilai Airlangga termasuk yang berani menghadapi persaingan global. Airlangga mulai sering bicara terkait dengan bonus demografi dan langkah langkah yang tepat untuk membangun ekonomi kedepan.

Emrus juga mengatakan Airlangga memiliki kepemimpinan yang kuat. Sebagai ketua umum partai Airlangga mampu menjaga solidalitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News