Penularan Covid-19 di Luar Jawa Alami Peningkatan, KPAI Soroti Hal Ini

Penularan Covid-19 di Luar Jawa Alami Peningkatan, KPAI Soroti Hal Ini
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra menyoroti tren naiknya penularan Covid-19 di luar Pulau Jawa dan Bali seperti di Lampung.

Dia berharap tidak ada keterlambatan penanganan kepada anak yatim piatu akibat orang tua yang meninggal dunia setelah terpapar Covid-19.

"Jangan sampai telat penanganan anak yatim piatu, data harus tidak hanya bicara mereka yang menjadi korban, tetapi dampak ikutan kepada anak juga paralel diselamatkan," kata Jasra melalui layanan pesan, Senin (9/8).

Selain penanganan ke anak yatim piatu, Jasra meminta perlunya percepatan vaksinasi atas ditemukannya tren kenaikan kasus di Lampung.

Data KPAI menyatakan 11 ribu anak dinyatakan terpapar Covid-19.

Alumnus Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang, Sumatra Barat itu meningatkan anak cukup umur perlu menjalani vaksin demi mencegah gejala perberatan.

"Begitu pun lingkungan di mana anak berada, yaitu para orang tua harus segera vaksin, agar anak-anaknya terlindungi," kata dia.

Kementerian Sosial sebelumnya mencatat 11.045 anak mendadak menjadi yatim dan piatu karena orang tuanya meninggal dunia akibat Covid-19.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra menyoroti tren naiknya penularan Covid-19 di luar Pulau Jawa dan Bali seperti di Lampung. Seperti apa? Simak selengkapnya di sini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News