Penumpang Membludak, Kapal Kargo Boleh Angkut Pemudik

Penumpang Membludak, Kapal Kargo Boleh Angkut Pemudik
Ilustrasi. Foto dok Humas Pelindo III

jpnn.com - JAKARTA - PT Pelni telah mengupayakan menambah kapasitas penumpang dengan mengerahkan kapal kargo, yang dialihfungsikan menjadi kapal penumpang. Salah satunya, Kapal KM Umsini.

Itu dilakukan setelah adanya peraturan dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, bahwa jumlah penumpang kapal tidak boleh melebihi kapasitas, sesuai yang ditentukan. Keputusan itu dilakukan selama arus mudik Lebaran masih berlangsung.

"Karena penumpang membludak. Selama idul fitri diizinkan kapal kargo mengangkut penumpang. Setelah saya tinjau. Kapal dalam kondisi bagus. Dek dan toiletnya bagus. Hanya saja AC nya memang kurang dingin," ujar Jonan usai meninjau KM Umsini.

Selain itu, Jonan juga memberikan beberapa catatan untuk meningkatkan aspek keselamatan di kapal. Salah satunya mengenai peralatan sekoci, yang harus diperbaharui. Menurutnya alat untuk menurunkan sekoci masih menggunakan model lama.

"Agar diganti mesin yang lebih muda. Sekarang masih pake engkol. Kalau ada keadaan darurat misalnya gelombang tinggi. Agak lama untuk menurunkannya," ucap Jonan. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - PT Pelni telah mengupayakan menambah kapasitas penumpang dengan mengerahkan kapal kargo, yang dialihfungsikan menjadi kapal penumpang.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News