Penyadapan Pelanggan Telkomsel dari Singapura

Penyadapan Pelanggan Telkomsel dari Singapura
Penyadapan Pelanggan Telkomsel dari Singapura

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat telekomunikasi Sarwoto Atmosutarno menduga, penyadapan melalui operator seluler PT Telkomsel dilakukan di Singapura. Pasalnya, Singapura merupakan penghubung kabel bawah laut yang berasal dari Perth, Australia, menuju Jakarta. Dari Jakarta, selanjutnya berjaringan ke seluruh kota di Indonesia.

“Itu memang jalur internasional kabel laut, dari Perth – Singapura – Jakarta, dilanjutkan ke kota-kota besar di Indonesia. Jadi memang pelanggan Telkomsel juga melewati jalur Singapura,” kata, Sarwoto, Kamis (20/2).

Dia menjelaskan, ada tiga elemen utama jalur kabel telekomunikasi. Pertama, elemen akses, yang menghubungkan ke pelanggan. Kedua, elemen transmisi, yakni jalur kabel laut yang menghubungkan antar negara.

Yang ketiga, elemen central (MSC) yang berada di masing-masing titik sentral komunikasi. “Nah, jaringan yang melewati Singapura ini adalah jaringan transmisi, yang juga dilalui Telkomsel,” kata Sarwoto.

Menurutnya, Singapura memang memiliki kepentingan di industri telekomunikasi Indonesia. Saat ini, BUMN Singapura, yakni Singapore Telecommunications Limited (SingTel), menguasai lebih dari sepertiga saham Telkomsel, sisanya dimiliki PT Telkom Tbk.

“Singtel memiliki hak suara di Telkomsel, meskipun mayoritas tetap ada di Telkom,” kata Sarwoto, yang juga mantan Direktur Utama Telkomsel.

Seperti diberitakan, dalam laporan terbaru New York Times dan Canberra Times edisi akhir pekan lalu mengulas soal jutaan pelanggan PT Telkomsel yang disadap Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) dan Direktorat Intelijen Australia.

Canberra Times dan New York Times juga memberitakan soal bocoran dokumen rahasia dari Edward Snowden, mantan kontraktor NSA, yang kini menjadi buronan AS. Dokumen Snowden menunjukkan, dinas spionase elektronik Australia melakukan penyadapan secara massal terhadap jaringan komunikasi dan pengumpulan data yang dilakukan oleh Telkomsel. Nama Indosat juga disebut-sebut dalam laporan itu.

JAKARTA - Pengamat telekomunikasi Sarwoto Atmosutarno menduga, penyadapan melalui operator seluler PT Telkomsel dilakukan di Singapura. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News