IMF Ingatkan Negara Maju Kurangi Kebijakan Paket Stimulus

IMF Ingatkan Negara Maju Kurangi Kebijakan Paket Stimulus
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde. Reuters

jpnn.com - Dana Moneter Internasional, IMF mengingatkan kepada negara-negara maju untuk berhati-hati dengan kebijakan mengurangi paket stimulus ekonomi yang selama ini dijalankan. Alasannya, kebijakan moneter harus tetap dikedepankan karena besarnya kesenjangan, inflasi rendah, dan konsolidasi fiskal.

"Negara-negara ekonomi maju sebaiknya menghindari penghentian bantuan keuangan meski keseimbangan fiskal mulai terkonsolidasi," demikian pernyataan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde seperti yang dilansir Radio Australia, Kamis (20/2). Peringatan disampaikan berkaitan dengan pertemuan negara-negara G20 di Sydney, Australia.

Sebelumnya Bank Sentral Amerikan menyatakan secara perlahan akan mengurangi paket stimulusnya. Paket stimulus Bank Sentral Amerika saat ini mencapai 65 miliar dolar perbulan, turun dari 85 miliar dolar perbulan tahun lalu.

Laporan Bank Sentral Amerika di bulan Januari menyebutkan, kecuali terjadi kejutan dalam kinerja ekonomi AS, bank itu kemungkinan akan melakukan pemotongan paket stimulus sebesar 10 miliar dolar.

IMF menyadari ketidakpastikan di negara-negara ekonomi baru serta deflasi di Eropa akan mengganggu pemulihan ekonomi dunia. Meski begitu, perkiraan pertumbuhan ekonomi dunia sekitar 3,75 persen yang dirilis Januari tetap diyakini akan terpenuhi tahun ini. (awa/jpnn)

 


Dana Moneter Internasional, IMF mengingatkan kepada negara-negara maju untuk berhati-hati dengan kebijakan mengurangi paket stimulus ekonomi yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News