Subsidi Dicabut, Industri Harus Dipermudah Dapatkan Listrik

Subsidi Dicabut, Industri Harus Dipermudah Dapatkan Listrik
Subsidi Dicabut, Industri Harus Dipermudah Dapatkan Listrik

jpnn.com - JAKARTA--Direktur Pengkajian Energi Universitas Indonesia Iwa Garniwa mengatakan, pencabutan subsidi listrik bagi golongan industri tertentu melalui penyesuaian tarif tenaga listrik (TTL) bisa dilakukan. Hanya saja, langkah ini harus diikuti dengan kemudahan industri memperoleh akses listrik.

Iwa Garniwa juga mengingatkan agar subsidi diberikan pada sektor produktif, bukan sektor konsumtif.  Selama ini, lanjutnya, cara subsidi juga kurang tepat karena diberikan ke produknya.  

“Pemberian subsidi jangan dibedakan industri besar dan kecil karena tidak fair. Subsidi diberikan kepada orang atau lembaga yang membutuhkan, bukan diberikan pada produknya,” ujar Iwa  yang juga pemerhati masalah listrik dalam keterangan persnya, Rabu (19/2).

Ia juga mengingatkan, jika sejak awal cara pemberian subsidi salah, maka akan selalu dicari cara bagaimana untuk terus mengurangi subsidi. Ini akan mengganggu dunia usaha karena pebisnis perlu kepastian.

Ia menjelaskan, selama ini harga listrik naik mengacu kepada kenaikan mata uang asing dan juga harga minyak dunia. Nah, jika merujuk pada kedua acuan itu, bisa dipastikan industri tidak memiliki kepastian karena selalu ada tarif adjustment.  

“Jangan sampai karena kebijakan itu kemudian perusahaan tertentu berencana pergi. Karena itu, BI juga harus membantu dengan cara menjaga valuta asing,” ujarnya. (esy/jpnn)

 


Berita Selanjutnya:
Impor Beras Premium Distop

JAKARTA--Direktur Pengkajian Energi Universitas Indonesia Iwa Garniwa mengatakan, pencabutan subsidi listrik bagi golongan industri tertentu melalui


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News