JPNN.com

Penyakit Diabetes bisa Mempersulit Rencana Kehamilan

Jumat, 22 Januari 2021 – 23:17 WIB
Penyakit Diabetes bisa Mempersulit Rencana Kehamilan - JPNN.com
Ilustrasi logo diabetes. Foto: Antara

jpnn.com, SURABAYA - Klinisi Morula IVF Surabaya, dr Amang Surya Priyanto mengatakan, ada beberapa faktor yang menghambat kehamilan. Salah satunya adalah penyakit bawaan diabetes.

Amang mengatakan, diabetes bisa menyebabkan pengentalan darah yang akan berpengaruh dalam proses kehamilan seseorang.

"Penyakit bawaan seperti diabetes melitus bisa mempegaruhi kesuburan seseorang wanita karena Syndrom Ovarium Polikistik (SOPK)," kata dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi ini.

Menurut Amang, selain itu diabetes melitus juga dapat menyebabkan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) bagi wanita. Dimana kondisi ini bisa memengaruhi proses kehamilan.

SPOK sendiri adalah gangguan hormonal yang terjadi pada wanita di usia reproduktif. SPOK ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur dan bisa menandakan kesuburan.
 
Sedangkan, PCOS adalah ketidakseimbangan hormon pada perempuan yang menyebabkan ovum atau sel telur tidak berkembang secara normal.

Untuk itu, Amang menarankan, sebelum memulai program hamil terlebih dahulu mengobati penyakit bawaannya. Gaya hidup juga harus diubah. Sebab, gaya hidup punya pengaruh besar dalam menimbulkan penyakit lain.

"Pasangan suami istri seharusnya juga harus melakukan  pemeriksaan kondisi masing-masing sebelum melakukan program tertentu untuk kehamilan," jelas Amang.

Hal tersebut untuk mengetahui apakah keduanya memiliki kesiapan fisik dan komponen lain yang menunjang kehamilan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...