Penyebab Utama Produk Gadai Pegadaian Menurun

Penyebab Utama Produk Gadai Pegadaian Menurun
Kantor Pegadaian. Foto : JPG/Pojokpitu

jpnn.com, BALIKPAPAN - Tren gadai di PT Pegadaian (Persero) Wilayah IV Kalimantan mengalami penurunan sepanjang semester I 2019 karena perekonomian yang belum membaik.

Deputi Bisnis Pegadaian Area Balikpapan Asror Maskuri mengatakan, dari seluruh produk Pegadaian, porsi gadai yang mengalami penurunan.

Tren penurunan bukan hanya terjadi pada tahun ini, melainkan sejak dua tahun lalu.

BACA JUGA: Penurunan Harga Tiket Pesawat Belum Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

“Selama dua tahun ke belakang kinerja portofolio produk fidusia dan haji membuahkan hasil baik dari pada gadai. Selain itu, produk yang belum lama diperkenalkan, leasing kinerjanya baik. Namun, tetap belum cukup menopang penurunan,” katanya beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, sektor lain yang lebih baik dari gadai tidak lepas dari kondisi ekonomi yang cenderung melambat dan bergantung pada sumber daya alam (SDA).

Dia menilai masyarakat sedang wait and see SEHINGGA lebih memilih berinvestasi. Tidak heran produk emas pertumbuhannya cukup baik.

Berdasarkan data PT Pegadaian (persero) kantor wilayah IV Kalimantan, penurunan tajam portofolio gadai terjadi di Balikpapan.

Tren gadai di PT Pegadaian (Persero) Wilayah IV Kalimantan mengalami penurunan sepanjang semester I 2019 karena perekonomian yang belum membaik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News