Penyelam Terbaik Dunia itu Hilang di Laut Mediterania

Penyelam Terbaik Dunia itu Hilang di Laut Mediterania
Natalia Molchanova pada 3 September 2005. (Jacques Munch/AFP Photo)

jpnn.com - MADRID – Natalia Molchanova hilang di laut Mediterania. Sejak menyelam di perairan sekitar Kepulauan Balearic pada Minggu (2/8), penyelam bebas (freediving) terbaik dunia itu tidak pernah muncul lagi. Kemarin (5/8) Spanyol menghentikan pencarian yang tidak kunjung membuahkan hasil tersebut.

’’Sepertinya, dia memilih tinggal di lautan. Saya rasa dia akan menyukainya,’’ ujar Alexey Molchanov, putra Molchanova. Pria 28 tahun yang juga penyelam kelas dunia itu menerima kematian sang ibu dengan legawa.

Apalagi, dia juga terlibat di dalam tim pencari. William Trubridge, rekan Molchanova sesama penyelam, menyatakan bahwa dunia kehilangan penyelam terhebatnya.

’’Minggu lalu, Molchanova menyelam tanpa sirip kaki sampai kedalaman 30–40 meter dan gagal muncul kembali ke permukaan laut,’’ terang Federasi Selam Internasional (AIDA) dalam pernyataan tertulisnya.

Pencarian dua hari yang nihil juga membuat AIDA menyimpulkan bahwa perempuan 53 tahun itu meninggal. Maka, pemerintah Spanyol pun menarik tim pencari dari lokasi kejadian.

Kemarin para penyelam gabungan dari Angkatan Laut (AL) dan unit khusus bawah air Kepolisian Spanyol berhenti mencari Molchanova. Sebab, setelah 2 x 24 jam melakukan pencarian, tidak ada tanda-tanda keberadaan ibu dua anak tersebut. Atlet asal Rusia itu kali terakhir terlihat di Pantai Formentera sebelum menceburkan dirinya ke laut. Setelah itu, dia tidak pernah kembali lagi.

Penjaga pantai setempat melaporkan raibnya Molchanova pada Minggu lalu sejak pukul 17.00. Dalam hitungan menit, lima penyelam dari unit khusus Kepolisian Ibiza tiba di lokasi kejadian. Dengan bantuan helikopter dan sejumlah kapal, mereka menyisir lokasi terakhir aktivitas menyelam Molchanova. Tetapi, hasilnya tetap nihil sampai Selasa malam (4/8).

’’Ini pencarian yang cukup rumit. Molchanova bisa saja terperangkap di dasar laut atau bagian laut dalam,’’ kata Koordinator tim selam AL Spanyol Miguel Chicon kemarin.

MADRID – Natalia Molchanova hilang di laut Mediterania. Sejak menyelam di perairan sekitar Kepulauan Balearic pada Minggu (2/8), penyelam bebas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News