Penyuluh Optimistis Percepat Swasembada Pangan

Penyuluh Optimistis Percepat Swasembada Pangan
Sektor pertanian adalah strategis dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sebab mayoritas rakyat Indonesia, khususnya di Kabupaten Ciamis, bermata pencarian sebagai petani. Ilustrasi Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, CIAMIS - Guna optimalisasi program Integrasi Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi Partisipatif (IPDMIP), Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar workshop dan rapat koordinasi.

Kegiatan ini diikuti 16 BPP yang tersebar pada 14 daerah irigasi dan dilaksanaka di Aula BPP Kecamatan Ciamis, 28-29 Agustus 2021.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis Lilis Widaningsih mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk optimalisasi kegiatan penyuluhan di daerah irigasi.

“Para penyuluh yang hadir berkesempatan berbagi informasi kegiatan sekolah lapangan di daerahnya, serta berbagi pengalaman, sehingga terjadi ajang tukar informasi dan bersama-sama pula mengevaluasinya,” ujar Lilis.

Menurut dia, sektor pertanian adalah strategis dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sebab mayoritas rakyat Indonesia, khususnya di Kabupaten Ciamis, bermata pencarian sebagai petani.

“Untuk itu, penyuluh memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan para petani, peran dan tanggung jawabnya perlu ditingkatkan dalam berbagi pengetahuan,” tuturnya.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis Armina menyampaikan bahwa progres kegiatan IPDMIP pada tahun ini mencapai 46 persen.

“Kami optimistis terus meningkat. Apalagi giat kelembagaan dan pemberdayaan petani melalui kelompok tani maupun gabungan kelompok tani makin masif,” katanya.

Pemberdayaan penyuluh swadaya dapat mencapai swasembada pangan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang bermata pencarian sebagai petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News