Peparnas XVI Papua Ditutup Presiden Jokowi, Siapa Juara Umumnya?

Peparnas XVI Papua Ditutup Presiden Jokowi, Siapa Juara Umumnya?
Presiden Joko Widodo pada ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021. Foto: Putra/kemenpora.go.id

jpnn.com, JAYAPURA - Papua menjadi juara umum ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI.

Kontingen tuan rumah tampil sebagai yang terbaik setelah berhasil mengoleksi 294 medali, terdiri dari 124 emas, 85 perak dan 85 perunggu. Presiden Joko Widodo turut memberikan ucapan selamat.

Dalam upacara penutupan Peparnas XVI, Jokowi mengatakan Papua berhasil menjadi penyelenggara dan juga mampu meraih sukses prestasi.

"Saya ingin menyampaikan selamat kepada Papua yang telah sukses menyelenggarakan PON dan juga sukses menyelenggarakan Peparnas. Papua menempati tempat (klasemen) yang paling atas. Selamat," katanya.

Jawa Barat yang merupakan juara di Peparnas XV 2016 lalu, kini harus puas turun ke posisi kedua setelah hanya mendapatkan 256 medali dengan rincian 101 emas, 85 perak, dan 70 perunggu.

Di posisi ketiga, ditempati oleh posisi Jateng dengan raihan 215 medali, yakni 88 emas, 55 perak, dan 72 perunggu. Di posisi keempat ada Kalimantan Selatan 39 emas, 41 perak, dan 43 perunggu. Sumatera Utara di posisi kelima dengan 27 emas, 32 perak dan 15 perunggu.

Ajang Peparnas XVI Papua sudah resmi ditutup oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (13/11) malam. Selanjutnya, Peparnas edisi XVII akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara. (dkk/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Peparnas XVI Papua resmi ditutup oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu (13/11) malam. Jabar gagal pertahankan gelar.


Redaktur : Adek
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News