Peradi Gelar Ujian Profesi Advokat di 43 Kota dan Diikuti 3.385 Peserta

Peradi Gelar Ujian Profesi Advokat di 43 Kota dan Diikuti 3.385 Peserta
Ketua Umum DPN Peradi Otto Hasibuan saat meninjau kegiatan ujian profesi advokat. Dok: DPN Peradi.

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak ‎3.385 peserta mengikuti ujian profesi advokat (UPA) yang digelar Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi.

Organisasi advokat single bar di bawah Ketua Umum (Ketum) Otto Hasibuan ini menggelar UPA secara serentak di 43 kota di Indonesia pada Sabtu (17/6).

“Kami sebagaimana biasanya, setiap tahun membuat ujian advokat dan permintaan untuk ikut itu banyak sekali,” katanya seusai meninjau UPA di Universitas Tarumanagara (Untar) Jakarta.

Menurut Otto, pihaknya menggelar UPA di banyak kota untuk memudahkan dan meringankan para calon advokat ‎untuk mengikutinya, baik dari segi biaya, waktu, dan faktor lainnya.‎

“Kalau hanya satu tempat di Jakarta, kasihan mereka berangkat ke sini. Jadi, kami buat di 43 kota dan pesertanya sekarang 3.585,” kata dia.

Untuk jumlah peserta paling banyak, lanjut Otto, seperti biasa kembali didominasi oleh DKI Jakarta. Kali ini, sebanyak 1.032 orang.

“Kami menyelenggarakan ujian dua kali setahun. Pesertanya rata-rata sepuluh ribu. Jadi, total setahun rata-rata 10 ribu yang ikut,” katanya.

Sedangkan untuk persentasi kelulusan UPA, Otto menyampaikan, setiap tahunnya terus mengalami kenaikan. Pada 2005 lalu, angka kelulusannya hanya 10 persen.

DPN Peradi menggelar ujian profesi advokat (UPA) serentak di 43 kota di seluruh Indonesia. Dalam ujian itu ada 3.385 peserta yang ikut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News