Perahu Ikan Penuh Penumpang Terbalik, Delapan Tewas

Perahu Ikan Penuh Penumpang Terbalik, Delapan Tewas
Perahu Ikan Penuh Penumpang Terbalik, Delapan Tewas

jpnn.com - JEPARA - Suasana pesta lomban yang diadakan setiap Syawal di sekitar Pantai Kartini, Kabupaten Jepara, yang seharusnya meriah berubah tegang kemarin. Sebuah perahu bermesin Jonson berkekuatan sekitar 10 gross ton (GT) terbalik di dekat Dermaga Pulau Panjang tepat tengah hari sekitar pukul 12.00.

 

Radar Kudus (Jawa Pos Group) melaporkan, belum ada informasi pasti soal jumlah penumpang yang naik perahu yang dinakhodai Bakri, asal Gang Cucut, Kelurahan Jobokuto, Kecamatan/Kabupaten Jepara, tersebut. Sampai berita ini diturunkan, manifes penumpang dalam perahu itu belum ditemukan. Namun, menurut beberapa nelayan, perahu tersebut ditumpangi lebih dari 50 orang.

Hingga pukul 17.30 kemarin, sebagaimana yang tertera di papan pengumuman RSU RA Kartini, jumlah penumpang yang ditemukan 42 orang. Delapan ditemukan meninggal, enam dirawat jalan, dan 28 orang dirawat inap. Sementara itu, dari pengaduan masyarakat yang merupakan keluarga korban, 14 penumpang belum ditemukan. Dengan demikian, diperkirakan total penumpang sekitar 56 orang.

Berdasar data yang dikeluarkan RSU RA Kartini, tiga di antara delapan korban meningal masih anak-anak. Adapun korban yang dirawat inap di RSU RA Kartini berjumlah 28 orang.

Menurut kesaksikan salah seorang korban yang selamat, Desyata Febahapri Fanyona, 13, dirinya tidak mengira perayaan Syawalan tahun ini merupakan perayaan terakhir dirinya dengan kakaknya, Abibah Havriyan Yuna, 16, yang menjadi korban meninggal dalam peristiwa itu.

Pelajar asal Perumahan Bukit Asri, Kecamatan Jepara, tersebut menceritakan, sebelum perahu terbalik, dirinya naik bersama lima temannya dan sekitar 20 wisatawan lain dari Dukuh Ngemplak, Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, sekitar pukul 08.00.

Dia bersama lima temannya masing-masing membayar Rp 10 ribu. "Saat berangkat, tidak ada masalah. Kondisi kapal normal. Sampai Pulau Panjang sekitar pukul 09.00," ungkapnya.

JEPARA - Suasana pesta lomban yang diadakan setiap Syawal di sekitar Pantai Kartini, Kabupaten Jepara, yang seharusnya meriah berubah tegang kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News