Peran Kepemimpinan Strategis dalam Meningkatkan Peringkat Universitas

Peran Kepemimpinan Strategis dalam Meningkatkan Peringkat Universitas
Dosen Program Psikologi, Fakultas Sains Kognitif dan Pembangunan Manusia Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS) Dr Ida Juliana Hutasuhut. Foto: Dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mengapa pemeringkatan penting dalam dunia akademik?

Ya, dalam era globalisasi, sistem pemeringkatan universitas menjadi aspek yang semakin dibutuhkan oleh pemangku kepentingan untuk tolok ukur kualitas dari sistem pembelajaran, penelitian, tingkat kepuasan mahasiswa, tingkat kelulusan, prospek kerja bagi alumni, dan berbagai kriteria lainnya.

Informasi pemeringkatan ini sangat penting bagi stakeholder yang terdiri dari para mahasiswa, orang tua mahasiswa, akademisi, pembuat kebijakan, bahkan industri yang ingin mengenal, dan bekerja sama dengan universitas.

Sistem pemeringkatan dapat memberikan informasi bagi stakeholder untuk membandingkan beberapa universitas sebelum mereka membuat keputusan ke mana akan melanjutkan perkuliahan yang tentunya akan sangat menentukan perjalanan karier mereka di kemudian hari.

Pemeringkatan juga memberikan informasi berharga bagi para akademisi karena dapat membantu dalam mengidentifikasi antara universitas mana yang menonjol di bidang keilmuannya sehingga memudahkan pencarian mitra untuk bekerja sama dalam proyek penelitian atau permohonan pengajuan hibah bersama.

Pemerintah sebagai penentu kebijakan bagi pendidikan tinggi juga berkepentingan terhadap pemeringkatan ini dalam mengidentifikasi universitas atau program studi yang memerlukan dukungan maupun alokasi pendanaan.

Pada umumnya, semakin tinggi peringkat yang dicapai, maka akan semakin tinggi pula hibah yang diperoleh universitas yang bersangkutan.

Pemeringkatan juga dapat mempengaruhi keputusan pendanaan oleh lembaga filantropis serta industri.

Setiap pimpinan universitas perlu menentukan sikap dan memutuskan sistem pemeringkatan yang mana yang akan dipilih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News