Peran Pers Kalahkan Senjata

Peran Pers Kalahkan Senjata
Peran Pers Kalahkan Senjata
BOGOR - Wakil Ketua DPR dari Fraksi Golkar, Priyo Budi Santoso mengingatkan kebebasan yang saat ini diperoleh oleh pers Indonesia, hendaknya dikawal oleh para wartawan guna menjaga keseimbangan antara prinsip-prinsip idealisme pers dan kepentingan kapitalis yang juga melekat di institusi media massa.

"Soal mempengaruhi dan membentuk opini publik, kemampuan pers sangat luar biasa. Bahkan ujung senjata pun tidak bisa mempengaruhinya. Hal yang perlu menjadi perhatian oleh para wartawan adalah mencermati peran kapitalis dalam mewarnai media dewasa ini," kata Priyo, saat membuka Musyawarah Wartawan Parlemen, di Kopo, Bogor, Sabtu (16/10).

Terlebih di saat era transisi ini, lanjut Priyo, dimana semakin mengkristalnya dua lempengan besar yakni lempengan kepentingan negara (state) dan lempengan rakyat. Dua hal tersebut merupakan elemen penting bagi tegak dan berdirinya bangsa ini.

"Kalau kita lebih mengedepankan aspek kepentingan state, jelas ini akan mengkondisikan bangsa ini mundur. Demikian juga sebaliknya, kalau kita mengedepankan kepentingan rakyat, itu juga memicu terjadinya egoisme etnosentris, anarkis, gampang marah dan sikap mau menang sendiri dari mayoritas," jelas Priyo, yang juga Ketua DPP Golkar itu.

BOGOR - Wakil Ketua DPR dari Fraksi Golkar, Priyo Budi Santoso mengingatkan kebebasan yang saat ini diperoleh oleh pers Indonesia, hendaknya dikawal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News