Perang Sprinter Semakin Panas di ITdBI 2016

Perang Sprinter Semakin Panas di ITdBI 2016
Dong Hyun Shin, pembalap LX-IIBS Cycling Team, saat menjadi juara etape satu International Tour de Banyuwangi Ijen. Foto: Istimewa

jpnn.com - BANYUWANGI - Hari kedua International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 semakin seru. Terutama persaingan di antara para sprinter. Di etape dua hari ini (12/5). Para pembalap akan melintasi rute sepanjang 145,7 km dari RTH Maron menuju Taman Blambangan. 

Rute flat tersebut akan memperebutkan intermediate sprint di Sumber Beras (39,4 km setelah garis start) dan Rogojampi (68,5 km). Setelah itu, akan ada dua tanjakan. Yakni, tanjakan kategori empat di Pendarungan dan tanjakan kategori tiga di Kalibendo.

Dengan profil rute seperti itu, etape dua ITdBI masih bakal menjadi panggung para sprinter. Beberapa nama unggulan yang akan adu sprint menjelang garis finis adalah sprinter Prima Indonesia Fatahillah Abdullah, Arin Iswana (Pegasus Continental Cycling Team), dan Anuar Manan (Terengganu Cycling Team). 

Jason Christie dari Kenyan Riders Downunder bakal banyak belajar dari pengalamannya di etape pertama. Pembalap Selandia Baru itu sempat kabur dari peloton bersama Ma Guangdong (Wisdom-Hengxiang Cycling Team) dan memimpin lomba hingga 2 km terakhir.

Namun, dia akhirnya berhasil disusul peloton dan Dong Hyun Shin (LX-IIBS Cycling Team) menjadi yang tercepat dalam bunch sprint menuju garis finis.

Ekspektasi bagi Christie untuk meraih juara etape di ITdBI jelas tinggi. Sebab, dia bukan pembalap baru di ajang balap yang diikuti peserta dari 21 negara tersebut.

Pembalap 25 tahun itu pernah mengenakan yellow jersey, tanda pemimpin lomba, usai menguasai etape satu ITdBI 2013. Dulu dia melakukannya bersama tim OCBC Singapore. Sekarang dia berkostum Kenyan Riders Downunder.

Fatahillah Abdullah mengatakan bahwa perang para sprinter akan terus berlangsung hingga etape ketiga. Dia akan berusaha setidaknya meraih satu kemenangan di etape-etape tersebut.

BANYUWANGI - Hari kedua International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 semakin seru. Terutama persaingan di antara para sprinter. Di etape

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News