Perangi Pencemaran, Ajinomoto Terapkan Aktivitas Bisnis Ramah Lingkungan

Perangi Pencemaran, Ajinomoto Terapkan Aktivitas Bisnis Ramah Lingkungan
Direktur PT Ajinomoto Indonesia Yudho Koesbandryo mengatakan menuju tahun 2030, pihaknya bersama Ajinomoto di seluruh dunia memiliki visi besar meningkatkan harapan hidup sehat 1 miliar orang. Foto dok. Ajinomoto

jpnn.com, JAKARTA - Upaya menanggulangi dampak pencemaran lingkungan bukan hanya menjadi domain pemerintah, sektor swasta juga turut serta melalui berbagai upaya. Hal ini dilakukan salah satu produsen bumbu masak di Indonesia, Ajinomoto, yang mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan bisnisnya.

Direktur PT Ajinomoto Indonesia Yudho Koesbandryo mengatakan menuju tahun 2030, pihaknya bersama Ajinomoto di seluruh dunia memiliki visi besar meningkatkan harapan hidup sehat 1 miliar orang. Di samping mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan bisnis perusahaan hingga 50%. 

"Kami mentransformasi seluruh karyawan menjadi Health Provider. Seluruh karyawan dibekali pengetahuan terkait gizi, kesehatan keluarga dan juga kelestarian lingkungan yang bukan hanya untuk diri sendiri, tetapii bisa dibagikan juga untuk keluarga dan masyarakat Indonesia," kata Yudho dalam keterangan resminya, Rabu (23/8).

Hal ini sejalan dengan arahan pemerintah dalam mempraktikkan ekonomi sirkular dan berbagai aktivitas yang mendukung terciptanya Sustainable Development Goals (SDGs).

Health Provider Ajinomoto menyebarluaskan pengetahuan mengenai praktik ekonomi sirkular dan berbagai aktivitas yang mendukung terciptanya SDGs kepada mahasiswa di bidang terkait dalam skala nasional.

Salah satu contohnya melalui kolaborasi dengan Fakultas Teknik Kimia UPN Veteran Jawa Timur, dengan menggelar Seminar Nasional Soebardjo Brotohardjono XIX: 'Pengembangan Industri Kimia Hijau Menuju Perwujudan Ekonomi Sirkular' secara hybrid yang dihadiri sekitar220 mahasiswa dan mahasiswi pada Rabu (9/8).

Yudho dalam paparannya mengatakan terkait praktik ekonomi sirkular dan aktivitas lain yang mendukung terciptanya SDGs di bidang kelestarian lingkungan, pihaknya telah melakukan proses pengolahan limbah (waste) cair maupun padat untuk kemudian dihasilkan produk samping atau co-products yang memiliki nilai lebih di masyarakat.

Selain itu, mengurangi buangan emisi karbon, meningkatkan efisiensi penggunaan raw material dan air pada proses produksi.

Memerangi pencemaran, Ajinomoto menerapkan aktivitas bisnis yang ramah lingkungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News