Perayaan Milad GAM, Gubernur : Perjuangan Belum Berakhir

Perayaan Milad GAM, Gubernur : Perjuangan Belum Berakhir
Perayaan Milad GAM, Gubernur : Perjuangan Belum Berakhir

jpnn.com - BANDA ACEH – Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke 38 yang jatuh pada 4 Desember diperingati secara serentak di sejumlah Kabupaten/Kota di Aceh, Kamis (4/12).

Di Banda Aceh, peringatan Milad GAM dilaksanakan secara sederhana dengan menggelar doa dan zikir bersama di Meuligoe Wali Nanggroe Aceh, di Lamteumen Timur. Sejumlah ulama Aceh, unsure Muspida Aceh dan mantan kombatan GAM dari berbagai wilayah turut hadir dalam acara tersebut, kemarin.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah, yang juga tuha peut PA mengatakan, 4 Desember merupakan hari bersejarah bagi Aceh, dimana pada tanggal tersebut dideklarasikan perjuangan GAM oleh almarhum Hasan Muhammad di Tiro. “Hari ini harus diingat oleh masyarakat Aceh,” ujar Zaini.

Dikatakan, meski Aceh telah damai, namun perjuangan Aceh belum selesai. Masih banyak yang harus dilakukan untuk membangun Aceh kedepan. Salah satu perjuangan Aceh saat ini, sebut Zaini, menuntut hak Aceh berupa peraturan sebagai turunan MoU Helsinki dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh.

“Pemerintah Pusat telah menunjukkan komitmennya dan berjanji menuntaskan segala regulasi itu akhir tahun ini. Kita patut bersyukur," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur mengajak seluruh unsur termasuk mantan kombatan GAM untuk bersama-sama berjuang demi kesejahteraan rakyat Aceh.

"Banyak pekerjaan dan perjuangan kita, terutama saya sebagai kepala pemerintahan. Masih banyak anak yatim, fakir miskin, janda-janda korban konflik dan tsunami yang masih butuh perhatian kita," sebut Zaini.

Sementara Ketua Panitia peringatan Milad GAM, Kamaruddin Abubakar, dalam sambutannya mengatakan,peringatan Milad GAM dilakukan untuk mengingatkan rakyat Aceh agar tak melupakan milad GAM. “Dengan adanya perjuangan itu maka lahirlah MoU Helsinki dan UU Pemerintahan Aceh,” terangnya.

BANDA ACEH – Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke 38 yang jatuh pada 4 Desember diperingati secara serentak di sejumlah Kabupaten/Kota di Aceh,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News