Perbanyak Kapal Perintis untuk Distribusikan Semen

Perbanyak Kapal Perintis untuk Distribusikan Semen
Ilustrasi kapal. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pelaku usaha menyambut positif rencana pemerintah menambah kapal baru untuk pendistribusian semen ke Indonesia Timur.

Rencananya, tiga trayek baru di jalur tol laut beroperasi mulai Oktober. Yaitu, menuju Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku.

Ketua Umum Asosiasi Semen Indonesia (ASI) Widodo Santoso menyatakan, pengiriman logistik melalui jalur laut lebih efisien daripada menggunakan jalur udara.

’’Tentu saja kami mendukung pemerintah memperbanyak kapal perintis untuk menyuplai barang ke pulau terpencil. Termasuk semen,’’ ujar Widodo, Rabu (26/9).

Salah satu manfaat yang terasa adalah disparitas harga semen yang bisa ditekan dan tidak berbeda jauh dari kota-kota besar.

Serapan konsumsi semen di pasar domestik juga dapat meningkat. Berdasar data ASI, tahun lalu pertumbuhan permintaan di Jawa mencapai 12,3 persen dan Sumatera 4,9 persen.

Pertumbuhan permintaan semen di Indonesia Timur masih stagnan.

Pemerintah menegaskan kebutuhan semen di seluruh kawasan Indonesia harus didorong dan difasilitasi untuk membangun pemerataan pembangunan di kawasan timur.

Pelaku usaha menyambut positif rencana pemerintah menambah kapal baru untuk pendistribusian semen ke Indonesia Timur.