JPNN.com

Percayalah, Fraksi Pendukung Pemerintah Pasti Sejalan dengan Jokowi soal RKUHP

Jumat, 20 September 2019 – 18:08 WIB Percayalah, Fraksi Pendukung Pemerintah Pasti Sejalan dengan Jokowi soal RKUHP - JPNN.com
Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani. Foto: M Fathra/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengaku mendukung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang penundaan atas pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP). Anggota Panitia Kerja (Panja) RKUHP itu meyakini seluruh fraksi di DPR yang mendukung pemerintah pasti sejalan dengan keputusan Presiden Jokowi.

"Tentu  fraksi yang koalisinya masuk ke pemerintahan akan mendukung yang disampaikan presiden," ujar Sani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (20/9).

Arsul yang juga sekretaris jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengatakan, keputusan Presiden Jokowi tentu merupakan perwujudan atas posisi resmi pemerintah dalam menyikapi RKUHP. Menurutnya, sebuah RUU bisa disahkan menjadi UU jika ada persetujuan bersama antara DPR dan pemerintah.

"Kalau salah satu unsur dalam pembentukan UU apakah DPR atau pemerintahnya minta ditunda kan tentu tidak bisa dipaksakan. Cuma itu saja," jelasnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi meminta pengesahan RKUHP ditunda. "Setelah  memcermati masukan-masukan dari berbagai kalangan yang berkeberatan dengan sejumlah substansi RUU KUHP, saya berkesimpulan masih ada beberapa materi yang membutuhkan pendalaman lebih lanjut," kata Jokowi di Istana Bogor, Jumat (20/9).(boy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...