Percepatan P3PD, Ditjen Bina Pemdes Ingatkan Pentingnya Kolaborasi di Akhir Tahun

Percepatan P3PD, Ditjen Bina Pemdes Ingatkan Pentingnya Kolaborasi di Akhir Tahun
Direktur Fasilitasi LKAD, PKK, dan Posyandu Tb. Chaerul Dwi Sapta saat “Rapat Evaluasi Pertanggungjawaban Keuangan P3PD TA 2023", Kamis (9/11). Foto: Humas Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - JAKARTA – Pelaksana Harian Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Plh Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) La Ode Ahmad Pidana Bolombo meminta semua komponen saling berkolaborasi untuk percepatan pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di akhir tahun 2023.

La Ode mengatakan, di sisa tahun 2023 banyak hal yang dapat dikerjakan untuk membuat pelaksanan P3PD berjalan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Plh Dirjen Bina Pemdes Kemendagri La Ode mengatakan hal tersebut saat membuka “Rapat Evaluasi Pertanggungjawaban Keuangan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Tahun Anggaran 2023" secara virtual, di Kantor Ditjen Bina Pemdes, Jakarta Selatan, Kamis (9/11).

La Ode menyebut realisasi penyerapan anggaran P3PD untuk komponen 1 baru mencapai 35 persen, sedangkan untuk komponen 2 per 31 Oktober sebesar 52 persen, dan komponen 3 sebesar 66 persen.

"Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan pada pertemuan ini, antara lain agar kita dapat berkoordinasi, di antaranya mulai melakukan penyusunan langkah-langkah akhir tahun anggaran 2023, mengevaluasi progres penyerapan dan menyusun percepatan pencapaian target penyerapan, kemudian mengkonsolidasikan laporan keuangan antar komponen," ujarnya.

La Ode yakin hambatan yang terjadi dapat diselesaikan secara bersama dengan mengidentifikasi berbagai persoalan yang terjadi pada pelaksanaan P3PD saat ini.

"Percepatan pelaksanaan dan target yang harus dicapai di 2023, bukan dengan kendala yang sedikit, karena tahun 2023 ini termasuk dalam tahun politik, seluruh kementerian/lembaga untuk tidak melakukan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa pada saat kampanye pilpres. Oleh sebab itu, saya berharap semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan P3PD mendukung pencapaian dimaksud dan saling berkoordinasi untuk pencapaian program," kata La Ode.

Pada kesempatan yang sama, dia juga berharap adanya rencana tindak lanjut percepatan penyelesaian refund Pinjaman dan/atau Hibah Luar Negeri (PHLN) pada tahun sebelumnya, segera melakukan penyusunan draft petunjuk teknis dana hibah untuk kabupaten/kota dalam pengelolaan penguatan aparatur pemerintahan dan kelembagaan desa, hingga segera menyiapkan Annual Work Plan (AWP) P3PD di Tahun 2024.

Ditjen Bina Pemdes Kemendagri: banyak hal yang dapat dikerjakan untuk membuat pelaksanan P3PD berjalan baik sesuai ketentuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News