Percepatan Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik, Pemerintah Bangun Ribuan SPKLU

Percepatan Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik, Pemerintah Bangun Ribuan SPKLU
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan komitmen pemerintah dalam pengembangan kendaraan listrik terus berjalan. Foto: dok Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan komitmen pemerintah dalam pengembangan kendaraan listrik terus berjalan.

Susiwijono mengatakan guna memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan listrik sebanyak 17.282 unit mobil listrik dan sebanyak 40.312 unit motor listrik.

Pemerintah terus mendorong pengembangan ekosistem dengan membangun 846 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk roda-4 dan 1.401 SPBKLU untuk Roda-2.

Hal itu disampaikan Susiwijono dalam paparannya pada Seminar Investor Trust bertema ”Membangun Ekosistem Baterai Kendaraan listrik” di Jakarta, Selasa (29/8).

Menurutnya, pengembangan ekosistem kendaraan listrik akan mendukung transformasi menuju mobilitas berkelanjutan dan ramah lingkungan.

"Hal ini sejalan dengan komitmen Indonesia pada Net Zero Emision dan rencana konkret untuk mempercepat dekarbonisasi. Indonesia juga tengah mendorong transisi industri menuju EV, agar dapat menjadi pusat produksi kendaraan listrik," beber Susiwijono.

Susiwijono juga menekankan pentingnya percepatan ekosistem kendaraan listrik.

Pemerintah melalui kebijakan nyata telah mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik dengan ketersediaan pasokan tenaga listrik, infrastruktur stasiun pengisisian, dan rencana integrasi platform.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan komitmen pemerintah dalam pengembangan kendaraan listrik terus berjalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News