Perdana di Indonesia, Pertamina Salurkan BBM Dex 50 PPM

Perdana di Indonesia, Pertamina Salurkan BBM Dex 50 PPM
Pertamina melakukan penyaluran perdana BBM jenis Dex 50 PPM di Indonesia bagi konsumen industri bertempat di Integrated Terminal Jakarta - Plumpang, Jumat (17/9). Foto: Pertamina.

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga selaku Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) melalui Regional Jawa Bagian Barat melakukan penyaluran perdana BBM jenis Dex 50 PPM di Indonesia bagi konsumen industri bertempat di Integrated Terminal Jakarta - Plumpang.

Penyaluran perdana ini dilakukan menggunakan mobil tangki berkapasitas 16 ribu liter ke Industri Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).

Executive General Manager Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading, Waljiyanto menjelaskan, penyaluran perdana BBM Dex 50 PPM ini merupakan langkah konkret Pertamina mengimplementasikan aturan terkait BBM EURO 4.

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O, yang ditandatangani pada Maret 2017.

Selain itu, sesuai Keputusan Nomor 146.K/10/DJM/2020 Dirjen Migas Kementerian ESDM tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Solar yang Dipasarkan di Dalam Negeri pada 30 Desember 2020.

“Pertamina Dex Sulfur 50 PPM (part per million) adalah bahan bakar diesel kualitas tinggi dengan cetane number tertinggi 53 dengan sulfur content 50 part per million yang menjaga lingkungan dengan standar EURO 4 hasil produk kilang dalam negeri," jelas Waljiyanto.

Waljiyanto menyampaikan, produk ini juga akan membuat mesin lebih tahan lama dan tangguh karena kandungan sulfurnya yang sangat rendah.

Dia juga menjelaskan, Integrated Terminal Jakarta memperoleh pasokan Pertamina Dex 50 PPM dari Kilang Pertamina Internasional Unit Dumai serta menyusul akan disuplai dari Balongan, dan Balikpapan.

PT Pertamina Patra Niaga melakukan penyaluran perdana BBM jenis Dex 50 PPM. Berikut penjelasan Waljiyanto tentang keunggulan produk BBM Pertamina ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News