Perdana, KMP Dalenta Resmi Beroperasi

Perdana, KMP Dalenta Resmi Beroperasi
KMP Dalente Woba telah diresmikan. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com - jpnn.com - Direktur Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono meresmikan pelayaran perdana Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Dalente Woba, untuk melayani mobilitas masyarakat di wilayah kepulauan Sangihe dan sekitarnya.

Adapun para pejabat yang hadir pada peresmian dimaksud adalah Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Bupati Kepulauan Sangihe
Hironimus Rompas Makagansa, dan para pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan.

KMP Dalente Woba merupakan kapal penumpang yang dibangun Pemerintah Daerah dengan memiliki panjang 56,70 meter dan lebar 14,00 meter.

"Kapal ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 196 orang dan melayani pelayaran lintas penyeberangan dengan rute Pelabuhan Amurang – Pananaru – Marore," kata Tonny.

Tonny menambahkan, Kepulauan Sangihe merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki Pelabuhan Tahuna sebagai pintu masuk dan gerbang utama perekonomian di wilayah tersebut.

KMP Dalente Woba ini merupakan pelabuhan pengumpul yang juga disinggahi kapal perintis yang melayari wilayah Tahuna dan sekitarnya.

Pelabuhan Tahuna ini juga aktif mendukung kegiatan lalu lintas komoditas tumbuhan ekspor (kopra) tujuan Pilipina.

"Saat ini kebutuhan jasa transportasi laut masyarakat di Kepulauan Sangihe terus meningkat, sementara sarana transportasi laut yang ada masih sangat terbatas, karena itu ini akan sangat membantu," sebut Tonny.(chi/jpnn)


Direktur Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono meresmikan pelayaran perdana Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Dalente Woba, untuk melayani mobilitas


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News