Pengelolaan Jembatan Timbang Bakal Diserahkan ke Pusat

Pengelolaan Jembatan Timbang Bakal Diserahkan ke Pusat
Ilustrasi. Foto dok JPG/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, sebanyak 90 persen jembatan timbang di Indonesia akan diserahkan pengelolaanya ke pusat.

Selama ini, pengelolaan jembatan timbang dikelola oleh pemerintah daerah, yang mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Rencananya penyerahan pengelolaan jembatan timbang akan dilakukan pada 3 Februari 2017.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto mengatakan, proses pelimpahan kewenangan personel, pendanaan, sarana dan prasarana serta dokumen (P3D) 127 jembatan timbang akan diserahkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara.

"Itu akan diserahkan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Penyerahan jembatan timbang ini sekaligus peresmian Terminal Ponorogo," ujar Pudji di Hotel Merlyn Park Jakarta, Selasa (31/1).

Pudji menjelaskan, sebanyak 15 jembatan timbang sisanya atau 10 persen banyak yang beralih fungsi.

Selain itu, terang Pudji, pihaknya akan menerapkan standar operasional dan prosedur (SOP) baru dalam pengoperasian jembatan timbang.

Salah satunya, Kemenhub akan memindahkan barang ke gudang penyimpanan, jika muatan truk melebihi yang dianjurkan.(chi/jpnn)


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, sebanyak 90 persen jembatan timbang di Indonesia akan diserahkan pengelolaanya ke pusat.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News