Perdana, Pelabuhan TJ Priok Dilayari Kapal Besar

Perdana, Pelabuhan TJ Priok Dilayari Kapal Besar
Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara yang menjadi salah satu gerbang ekspor dan impor. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - Untuk pertama kalinya, Pelabuhan Tanjung Priok dilayari kapal besar dengan kapasitas 8500 TEUs, Minggu (9/4).

Kehadiran kapal kontainer tersebut merupakan hasil kerja sama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II dengan perusahaan pelayaran asal Perancis, Compagnie Maritime d'Affretement - Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM).

"Saya atas nama pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan memberikan apresiasi kepada Pelindo II yang bisa bekerja sama dengan CMA-CGM. Ini merupakan satu prestasi, satu langkah quantum leap yang membanggakan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

CMA-CGM membuka service baru, yakni Java South East Asia Express Services/ Java SEA Express Services/ JAX Services.

Service ini akan melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast (LA & Oakland) Amerika Serikat dengan menggunakan kapal berkapasitas 8.500 TEUs.

Adapun jumlah bongkar muat perdana untuk diangkut ke Amerika Serikat adalah sebanyak 2.300 TEUs dengan komoditas barang ekspor-impor, di mana sebagian dari muatan sebanyak 22 persen di antaranya merupakan barang-barang hasil transhipment dari sejumlah pelabuhan domestik di Indonesia.

Aktivitas bongkar muat direncanakan selesai dalam waktu 24 jam dengan menggunakan empat unit Gantry Luffing Crane (GLC).(chi/jpnn)


Untuk pertama kalinya, Pelabuhan Tanjung Priok dilayari kapal besar dengan kapasitas 8500 TEUs, Minggu (9/4).


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News