Perdana, Pelindo III Bongkar Kedelai di Pelabuhan

Perdana, Pelindo III Bongkar Kedelai di Pelabuhan
Bongkar muat kedelai. Foto dok Humas Pelindo III

jpnn.com - CILACAP – PT Pelindo III melakukan kegiatan bongkar muat perdana jenis bahan pangan, yaitu kedelai di Pelabuhan Tanjung Intan.

Kedelai merupakan salah satu tanaman polong-polongan, yang menjadi bahan dasar banyak makanan seperti kecap, tahu dan tempe.

Sebanyak 12 ribu ton biji kedelai asal New Orleans, Amerika Selatan ini dibongkar di pelabuhan yang berada di selatan Pulau Jawa.

General Manager Pelindo III Tanjung Intan, Fariz Hariyoso menjelaskan langkah pengembangan bongkar muat kedelai di Pelabuhan Tanjung Intan dipicu besarnya permintaan masyarakat di beberapa daerah sekitar Jawa Tengah bagian selatan.

"Kebutuhan masyarakat akan kedelai membuka peluang potensi pengiriman kedelai di wilayah Cilacap dan sekitarnya,” tuturnya.

Kinerja bongkar kedelai ini mencapai 100 ton per jam dan 3500 ton per hari sehingga kegiatan bongkar muat bisa diselesaikan dalam waktu tiga hari.

Proses bongkar muat kedelai tersebut menggunakan grab yang dipasang pada crane kapal, kemudian dibongkar menggunakan sistem truck losing.

Selanjutnya dikirim ke Gudang lini 1 Pelabuhan Tanjung Intan dan Kawasan Industri Cilacap untuk dikemas.

CILACAP – PT Pelindo III melakukan kegiatan bongkar muat perdana jenis bahan pangan, yaitu kedelai di Pelabuhan Tanjung Intan. Kedelai merupakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News