Peredaran Narkoba di Indonesia Tinggi, Inikah Penyebabnya?

Peredaran Narkoba di Indonesia Tinggi, Inikah Penyebabnya?
Pengedar sabu ditangkap. Foto ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Tingginya peredaran narkoba di Indonesia tidak mengherankan kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Bambang Widodo Umar. Pasalnya, tidak saja pengawasan masih lemah, namun juga didukung kondisi geografis, serta pengendalian sosial di tingkat RT/RW saat ini masih sangat lemah.

"Jadi terkait pengendalian sosial di tingkat RT/RW, pengawasan masih lemah. Sistem keamanan juga belum kondusif, pengendalian sosial di tingkat RT/RW belum tajam. Dalam arti mengintegrasikan warga belum kuat. Indonesia merupakan pasar menggairahkan bisnis narkoba di dunia. Indonesia dianggap kaya, di sisi lain infrastruktur belum kondusif," ujar Bambang kepada JPNN, Senin (2/11).

Bambang mengaku, memang sampai saat ini belum memegang data seberapa besar kaitan tingginya angka kriminalitas dengan tingginya angka pengguna narkoba. Namun begitu ia mengaku telah memeroleh informasi, di dalam lembaga pemasyarakatan (Lapas) saat ini, jumlah narapidana asal kejahatan narkoba luarbiasa banyak.

"Paling tidak ini menunjukkan peredaran narkoba itu sangat meluas. Di samping mengganggu masa depan generasi muda, ini juga masalah ekonomi. Karena nilai material yang digunakan untuk narkoba cukup besar. Beberapa referensi memerlihatkan, bisnis narkoba itu sudah mencapai miliar dollar," ujarnya.

Menurut Bambang, saat ini memang terlihat penangkapan kasus narkoba terus dilaksanakan aparat hukum. Namun tetap saja aliran narkoba yang masuk seakan tidak pernah berhenti. Karena itu tidak heran muncul opini, mereka yang tertangkap baru dalam kapasitas bandar pada tingkatan tertentu.

"Sampai saat ini saya belum pernah mendengar bandar besarnya (pucuk pimpinan mafia penyalur narkoba, red) tertangkap. Baru pada tingkat penyalur, tapi bandar yang di luar (mafia), enggak. Kejahatan narkoba ini kan sudah luarbiasa. Dia sudah semacam corporate. ada komisaris, penanam modal, agen, distributor. Nah yang terjerat bandar ke bawah. Belum pernah ada info siapa sebetulnya (pucuk pimpinan mafia internasional,red)," ujarnya.

Menghadapi kondisi yang terjadi, penanganan narkoba kata Bambang tidak cukup hanya peningkatan pengawasan. Namun juga perlu langkah-langkah preventif.

"Saya kurang setuju hukuman diperingan, ini membuat maraknya narkotika Indonesia. Efek narkotika ini kan personality luruh lantak, masa depan jadi tidak terarah. Makanya untuk penanganan BNN itu orientasinya harus ke luar Indonesia. Jangan hanya penanganan dalam negeri," ujarnya.

JAKARTA - Tingginya peredaran narkoba di Indonesia tidak mengherankan kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Bambang Widodo Umar. Pasalnya, tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News