Perekonomian Indonesia Tumbuh Positif, Apakah Pemulihan Ekonomi Berhasil?

Perekonomian Indonesia Tumbuh Positif, Apakah Pemulihan Ekonomi Berhasil?
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu. Foto: Tangkapan Layar

jpnn.com, JAKARTA - Kinerja perekonomi Indonesia pada Triwulan IV 2021 mampu tumbuh sebesar 5,02 persen (yoy).

Pemerintah menilai hal ini menunjukkan betapa menguatnya pemulihan ekonomi.

Secara quarter-to-quarter (qtq), pertumbuhan ekonomi Triwulan IV 2021 tercatat 1,06 persen, melampui pola normalnya yang secara historis mencatatkan pertumbuhan negatif (qtq Triwulan IV 2015 – 2019 rata-rata -1,7 persen).

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan keberhasilan pengendalian pandemi merupakan partisipasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi.

"Yang paling utama adalah efektivitas kebijakan stimulus fiskal oleh pemerintah serta sinergi yang baik antar otoritas dalam menjaga stabilitas dan percepatan pemulihan ekonomi," ungkap Febrio, Senin (7/1).

Seperti diketahui, laju pertumbuhan ekonomi pada Triwulan IV ditopang oleh pertumbuhan positif seluruh komponen pengeluaran dan sektor produksi utama. 

Febrio menjelaskan bahwa keberhasilan pengendalian pandemi pasca penyebaran varian Delta di Triwulan III 2021 mampu mendorong keyakinan masyarakat untuk beraktivitas dan dunia usaha untuk berekspansi.

Febrio menjelaskan aktivitas ekspor mampu melanjutkan pertumbuhan yang tinggi seiring permintaan dan harga komoditas global yang meningkat.

Kinerja perekonomi Indonesia pada Triwulan IV 2021 mampu tumbuh sebesar 5,02 persen (yoy), menunjukkan betapa menguatnya pemulihan ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News