Perempuan Bangsa PKB Bahas Isu Kesetaraan Gender, Semua Bacapres Harus Ikut Peduli

Perempuan Bangsa PKB Bahas Isu Kesetaraan Gender, Semua Bacapres Harus Ikut Peduli
Perempuan Bangsa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merumuskan kebijakan kesetaraan gender untuk kepemimpinan nasional dalam fokus grup diskusi di Jakarta, Senin (18/9). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Perempuan Bangsa sebagai Badan Otonom (Banom) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), merumuskan kebijakan kesetaraan gender untuk kepemimpinan nasional dalam fokus grup diskusi di Jakarta.

Ketua Umum Perempuan Bangsa Siti Mukaromah menyatakan pihaknya terus menggali berbagai masukan terkait isu-isu perempuan.

“Kami menggali berbagai masukan dari berbagai organisasi, tokoh, dan aktivis perempuan agar isu-isu perempuan menjadi program dan isu strategis kepemimpinan nasional,” kata Siti Mukaromah di Jakarta, Senin (18/9).

Dia menjelaskan beberapa isu yang dibahas dalam FGD itu antara lain evaluasi dan efektifitas afirmasi kuota 30 persen perempuan, yang implementasinya belum maksimal.

Tak hanya itu, Siti juga menyebutkan pihaknya turut membahas soal kesetaraan gender di semua tingkatan pendidikan, pengakuan ulama perempuan dalam peran-peran keagamaan, akses kesehatan reproduksi yang tidak diskriminatif, hingga anggaran kesehatan untuk remaja perempuan dan ibu hamil.

Dia juga menyebutkan isu-isu perempuan tidak boleh lagi tersingkir oleh permasalahan lain.

Menurut dia, siapa pun presiden pada Pilpres 2024 perlu memiliki kepedulian terhadap isu perempuan. 

Siti juga menyebutkan pihaknya pasti akan memberikan hasil diskusi tersebut pada pasangan capres-cawapres yang diusung oleh PKB, yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. 

Perempuan Bangsa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merumuskan kebijakan kesetaraan gender untuk kepemimpinan nasional dalam fokus grup diskusi di Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News