Perempuan Jepang Punya Harapan Hidup Tertinggi

Perempuan Jepang Punya Harapan Hidup Tertinggi
Perempuan Jepang Punya Harapan Hidup Tertinggi

jpnn.com - PEREMPUAN mana yang memiliki harapan hidup paling tinggi? Perempuan Jepang-lah jawabannya. Dengan capaian ini, artinya harapan hidup perempuan Jepang mengalahkan Hong Kong yang sebelumnya memiliki harapan hidup paling tinggi.

Menurut data Kementerian Kesehatan Jepang, bayi perempuan yang lahir di Jepang pada tahun 2013 dapat berharap hidup sampai usia 86,41. Angka harapan hidup ini naik dari 85,90 pada tahun 2011. Saat itu, rata-rata usia harapan hidup lebih rendah karena pada 2011 terjadi bencana tsunami menyeret ribuan nyawa.

" Angka kematian naik di tahun 2011 karena bencana alam, tapi harapan hidup meningkat seiring dengan faktor-faktor lain yang muncul," kata pejabat Kementerian Kesehatan Jepang, seperti yang dilansir laman New York Daily News, Selasa (30/7).

Orang Jepang dikenal karena umur panjangnya. Hal ini antara lain karena pola makan yang sehat, gaya hidup yang aktif, dan sistem medis yang baik.

"Secara umum, tingkat kesejahteraan yang tinggi memberikan kontribusi yang cukup besar" kata pejabat tersebut.

Perempuan Jepang pada tahun 2011 kehilangan gelarnya sebagai pemegang harapan hidup terpanjang, untuk pertama kalinya dalam lebih dari 25 tahun. Sebab gelar tersebut direbut oleh perempuan Hong Kong. Nah, pada tahun 2012, angka harapan hidup perempuan Hong Kong berada di posisi kedua dengan rentang hidup 86,30 tahun, diikuti oleh Spanyol, Prancis dan Switzerland.

Harapan hidup pria Jepang juga naik ke angka 79,94 tahun dari 79,44 di tahun 2011. Data ini menjadikan angka harapan hidup laki-laki Jepang menduduki posisi kelima. Di posisi teratas, bertengger Islandia dengan umur 80,8 tahun, kemudian Hong Kong di posisi kedua, Swedia posisi ketiga dan Israel posisi keempat.(fny/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Ini Tips Sehat Mudik Lebaran

PEREMPUAN mana yang memiliki harapan hidup paling tinggi? Perempuan Jepang-lah jawabannya. Dengan capaian ini, artinya harapan hidup perempuan Jepang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News