Perempuan Lintas Agama Indonesia Belajar Kepemimpinan di Australia

Perempuan Lintas Agama Indonesia Belajar Kepemimpinan di Australia
Perempuan Lintas Agama Indonesia Belajar Kepemimpinan di Australia

Meski kesetaraan gender masih menjadi isu yang disoroti tajam di Australia, namun kiprah dan kegiatan yang dilakukan sejumlah tokoh dan organisasi perempuan di Australia berhasil menginspirasi puluhan perempuan Indonesia peserta program kursus kepemimpinan beberapa waktu lalu di Melbourne, Victoria.

Sebanyak 27 tokoh wanita lintas agama dari 6 propinsi di Indonesia baru saja kembali dari mengikuti program kursus singkat Leadership for Senior Multi-Faith Women Leaders 2018 yang diselenggarakan oleh Australian Awards Indonesia dari 10 – 21 September 2018 lalu.

Program yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini dipusatkan di Deakin University, Melbourne, Victoria. Para peserta diajak untuk menggali ilmu dan wawasan mengenai pengelolaan organisasi dan kepemimpinan dari belasan pembicara dan panelis dari sejumlah organisasi di Australia.

Selain juga melakukan kunjungan ke sejumlah organisasi perempuan di Australia antara lain Women's Information Referral Service (WIRE) , Multicultural Center for Women’s Health (MCWH), dan Australian Muslim Women's Centre for Human Rights (AMWCHR).

Salah satu peserta, Mathilda Wowor dari Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) mengaku sangat senang dan bangga bisa terpilih dalam program ini.

Ia mengapresiasi desain kursus yang diklaimnya sangat membuka wawasan.

"Dari kegiatan perkuliahan di Deakin University Melbourne maupun kunjungan ke sejumlah institusi dan bertemu tokoh-tokoh perempuan di Australia, saya mendapat pemahaman yang lebih luas, soal bagaimana mereka menggunakan spirit keagamaan dalam membangun kebersamaan khususnya dalam menolong sesama perempuan.' ungkapnya.

Perempuan Lintas Agama Indonesia Belajar Kepemimpinan di Australia Photo: Peserta berkunjung ke Queen Victoria Women’s Centre Building. (Supplied)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News