Perempuan Memiliki Masa Kesuburan, Bagaimana dengan Pria?

Perempuan Memiliki Masa Kesuburan, Bagaimana dengan Pria?
Masalah kesuburan pada pria. ILUSTRASI. Foto: Fixabaya.com

jpnn.com - Perempuan telah lama diingatkan akan apa yang disebut 'bom waktu' yang mereka hadapi ketika menyangkut masalah kesuburan.

Kutukan jam biologis ini menunjukkan bahwa seorang wanita memiliki mekanisme bawaan, yaitu menghitung waktu hingga mereka tidak bisa lagi hamil secara alami. Tapi bagaimana dengan pria?

Anda mungkin jarang membaca berita tentang kesuburan pria, tetapi para ahli memperingatkan bahwa para pria juga harus menyadari kemungkinan timbulnya masalah yang menyangkut tentang kesuburan mereka juga.

Pria, secara teori, memproduksi sperma sepanjang hidup mereka (tidak seperti wanita, yang memiliki batas pada cadangan telur mereka), tetapi itu tidak berarti bahwa mereka akan selalu memiliki kesuburan yang sama suksesnya di usia berapa pun.

Bahkan, banyak pria mungkin sangat tidak tahu tentang perubahan potensial pada sperma mereka.

Tetapi apakah pria juga benar-benar mengalami 'tick-tock' jam biologis dengan cara yang sama seperti wanita?

"Pentingnya usia di mana seseorang memiliki anak sangat terkenal pada wanita tetapi tidak sering diperhitungkan pada pria," kata Dr. Victoria Walker, seorang ahli kesuburan di Institut Marquès (institutomarques.com), seperti dilansir laman Irishexaminer, Rabu (23/1).

"Namun demikian, pria juga memiliki jam biologis - dan itu sesuatu yang harus mereka khawatirkan," jelas Walker.

Seorang perempuan memiliki mekanisme bawaan, yaitu masa menghitung waktu soal masa kesuburannya. Lantas, bagaimana masa kesuburan seorang pria?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News