Mengejutkan, Ini Pertanda Serangan Jantung pada Perempuan?

Mengejutkan, Ini Pertanda Serangan Jantung pada Perempuan?
ILUSTRASI. Gejala serangan jantung pada Perempuan. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Perempuan di bawah usia 55 tahun sama atau lebih cenderung menderita penyakit jantung. Ini menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology.

Namun, sebuah pernyataan 2016 yang dikeluarkan oleh American Heart Association (AHA) telah mengungkapkan bahwa perempuan sering diabaikan untuk kondisi mematikan ini.

Alasannya? Sebagian besar gagal mengenali tanda-tanda diam dari serangan jantung yang berlaku secara eksklusif untuk perempuan.

Sementara nyeri dada atau tekanan dada adalah salah satu tanda paling umum dari serangan jantung. Ada gejala yang lebih mengejutkan yang harus Anda kenali.

“Perempuan lebih mungkin mengalami nyeri rahang juga,” kata direktur klinis dari Program Kesehatan Jantung Perempuan di Wexner Medical Center di Ohio State University dan penulis utama studi, Laxmi Mehta, MD, seperti dilansir laman MSN, Kamis (27/12).

“Gejala khusus perempuan lainnya termasuk nyeri punggung bagian atas, nyeri lengan, kelelahan yang intens dan nyeri ulu hati," Mehta menjelaskan.

Sirkulasi yang buruk dari jantung bisa menyebabkan rasa sakit di rahang, leher atau punggung wanita.

Namun, dokter belum menemukan alasan ilmiah mengapa nyeri rahang dan ketidaknyamanan tubuh bagian atas memengaruhi wanita dan bukan pria.

Nyeri dada atau tekanan dada adalah salah satu tanda paling umum dari serangan jantung. Ada gejala yang lebih mengejutkan yang harus Anda kenali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News