Waspada! Serangan Jantung pada Wanita Muda Makin Meningkat

Waspada! Serangan Jantung pada Wanita Muda Makin Meningkat
Serangan Jantung. ILUSTRASI. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - Membahas soal serangan jantung seperti tak ada habisnya. Bagaimana tidak, bukannya semakin berkurang, kini penyakit tersebut justru membidik sasaran baru, yaitu wanita usia muda. 

Ada sebuah penelitan yang menyebut bahwa serangan jantung pada kelompok usia wanita muda kian meningkat.

Dilansir Medical News Today, penelitian yang dipresentasikan dalam jurnal medis “Circulation” ini menemukan kecenderungan yang mengkhawatirkan tentang insiden serangan jantung dalam beberapa dekade terakhir. 

Penelitian ini menemukan bahwa wanita mudah lebih membutuhkan rawat inap untuk serangan jantung daripada pria. Dalam penelitian tersebut, peneliti memeriksa data dari 29 ribu orang 25-74 tahun yang masuk ke rumah sakit untuk melakukan perawatan infark miokardum (serangan jantung) pada 1995-2014.

Hasilnya, proporsi pasien muda yang dirawat di rumah sakit karena serangan jantung terus meningkat, yaitu 27 persen pada rentang waktu 1995-1999, kemudian meningkat menjadi 32 persen pada 2010-2014. 

Selain itu, peningkatan pun terjadi pada kaum wanita muda, yakni dari proporsi 21 persen di tahun 90-an hingga menjadi 31 persen di era 2000-an.

Berdasarkan temuan penelitian tersebut, ini berarti wanita muda berisiko tinggi terkena hipertensi, diabetes, dan penyakit ginjal kronis dibandingkan pria muda.

Ini karena penyakit jantung erat kaitannya dengan tiga penyakit tersebut. Meski secara tradisional penyakit arteri koroner dianggap sebagai penyakit klasik kaum pria, tetapi penelitian ini ingin menyadarkan bahwa pencegahan penyakit kardiovaskular juga harus fokus pada wanita muda.

Dengan makin meningkatnya angka serangan jantung pada wanita muda usia produktif, diharapkan kelompok usia ini akan makin peduli akan kesehatannya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News