Kamis, 15 November 2018 – 17:56 WIB

Kaitan Waktu Tidur dengan Jantung yang Sehat

Senin, 05 November 2018 – 23:04 WIB
Kaitan Waktu Tidur dengan Jantung yang Sehat - JPNN.COM

jpnn.com - Enam hingga delapan jam tidur semalam sangat bermanfaat bagi jantung. 

Menggunakan data lebih dari satu juta orang dewasa, para ilmuwan menemukan bahwa baik kurang tidur atau tidur berlebihan harus dihindari untuk mendapatkan kesehatan jantung yang optimal.

Mereka yang tidur kurang dari enam jam per malam atau lebih dari delapan jam berada pada peningkatan risiko berkembang atau meninggal karena penyakit arteri koroner atau stroke, menurut penelitian yang dipresentasikan di Kongres European Society of Cardiology di Munich, Jerman.

Dibandingkan dengan orang dewasa yang tidur enam sampai delapan jam dalam semalam, tidur pendek memiliki risiko 11 persen lebih besar, sementara tidur panjang memiliki 33 persen peningkatan risiko selama sembilan tahun ke depan.

"Temuan kami menunjukkan bahwa terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur bisa berdampak buruk bagi jantung," kata penulis studi, Dr. Epameinondas Fountas dari pusat bedah jantung Onassis di Athena, seperti dilansir laman Independent, Minggu (4/11).

"Lebih banyak penelitian diperlukan untuk menjelaskan alasannya, tetapi kita tahu bahwa tidur memengaruhi proses biologis seperti metabolisme glukosa, tekanan darah dan radang - yang semuanya bisa berdampak pada penyakit kardiovaskular," jelas Fountas.

Emily McGrath, perawat jantung senior di British Heart Foundation, menekankan bahwa mendapatkan tidur malam yang nyenyak itu penting untuk kesehatan yang baik.

"Berkaitan dengan jantung dan kesehatan peredaran darah, penelitian besar ini menunjukkan bahwa mungkin ada titik pahit antara tidur terlalu banyak atau justru terlalu sedikit," pungkas McGrath.(fny/jpnn) 

SHARES
TAGS   Jantung Tidur kardio
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar