7 Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur yang Bisa Anda Coba

7 Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur yang Bisa Anda Coba
Ilustrasi bangun tidur.

jpnn.com - Tidur merupakan cara paling tepat untuk melampiaskan rasa lelah. Namun, sebelum merebahkan diri ke tempat tidur dan beristirahat, Anda sebaiknya pergi ke kamar mandi untuk mencuci wajah dan kaki, serta menyikat gigi. 

Hal itu bertujuan agar pertumbuhan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan bisa dihalau.

Di samping mencuci wajah dan kaki serta menyikat gigi, tahukah Anda bahwa ada kebiasaan positif lain yang bisa dijadikan sebagai 'ritual' sebelum tidur? Berikut beberapa di antaranya:

1. Berkumur dengan cairan mouthwash

Dilansir dari Reader’s Digest, menggunakan obat kumur antiseptik atau fluoride (fluorida)  pada malam hari sesudah menyikat gigi bisa membantu memaksimalkan kebersihan gigi dan mulut. 

Pasalnya, larutan tersebut mampu mengurangi bakteri dan plak mulut sehingga membantu proses remineralisasi email gigi. Berkumur dengan larutan antiseptik juga bisa meredakan gejala gigi sensitif, lho!

2. Tidur di waktu yang sama setiap hari

Perlu diketahui bahwa kesehatan jangka panjang tergantung pada regenerasi yang terjadi selama Anda tertidur nyenyak. Itu karena hormon-hormon disekresi untuk merangsang fungsi-fungsi penting, misalnya pembersihan hati, pembentukan otot, pembaruan jaringan, pemecahan simpanan lemak, dan normalisasi gula darah.

Tahukah Anda bahwa ada kebiasaan positif lain yang bisa dijadikan sebagai 'ritual' sebelum tidur.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News