4 Kiat Melakukan Yoga Sebelum Tidur Untuk Ibu Hamil

4 Kiat Melakukan Yoga Sebelum Tidur Untuk Ibu Hamil
Latihan senam untuk kehamilan sangat bermanfaat untuk Anda, Foto: Thinkstock

jpnn.com - Tertidur adalah efek alami dari latihan yoga. Jika Anda ingin menambahkan yoga ke dalam rutinitas sebelum tidur, berdasarkan pemaparan dr. Citra Roseno kepada KlikDokter, begini aktivitas yoga yang cocok dilakukan untuk ibu hamil:

1. Latihan pernapasan (pranayama)

Gerakan ini difokuskan pada menarik dan mengeluarkan napas secara dalam melalui hidung. Latihan ini bisa membantu mengatasi sesak napas pada kehamilan, serta membantu menghadapi kontraksi yang terjadi ketika persalinan.

2. Peregangan

Gerakan ini meregangkan berbagai area tubuh, seperti leher dan lengan, hingga mencapai rentang gerak maksimal. Namun perlu diingat, hormon relaksin pada kehamilan akan membuat rahim membesar, serta turut meningkatkan elastisitas jaringan ikat. Oleh karena itu, hindari gerakan meregang yang berlebihan, karena risiko cedera juga akan ikut meningkat.

3. Postur (asana)

Gerakan ini merupakan gerakan dalam berbagai postur berdiri, duduk, atau berbaring yang bertujuan untuk membangun kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh.

4. Pendinginan dan relaksasi

Latihan ini bisa membantu mengatasi sesak napas pada kehamilan, serta membantu menghadapi kontraksi yang terjadi ketika persalinan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News