Usia Setengah Umur Berpotensi Mengalami Serangan Jantung

Usia Setengah Umur Berpotensi Mengalami Serangan Jantung
Penyakit jantung. ILUSTRASI. Foto: Laman MSN

jpnn.com, JAKARTA - Upaya mencegah serangan jantung dan stroke di Amerika Serikat telah mencapai kemajuan tingkat tinggi. Demikian laporan terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Meskipun sebagian besar bisa dicegah, serangan jantung, stroke, gagal jantung dan kondisi terkait kardiovaskular lainnya menyebabkan 2,2 juta orang dirawat inap pada tahun 2016 dan mengakibatkan 415.000 kematian.

Yang mengejutkan, banyak peristiwa jantung yang terlihat pada orang dewasa setengah umur, usia 35 tahun hingga 64 tahun.

Sekitar 775.000 rawat inap dan 75.000 kematian terjadi dalam kelompok ini pada tahun 2016.

“Usia menengah bisa menjadi bom waktu untuk penyakit jantung,” kata Wakil Direktur Utama CDC, Dr. Anne Schuchat, seperti dilansir laman MSN, Kamis (22/11).

Hal itu karena banyak faktor risiko yang berdampak negatif terhadap kesehatan jantung cenderung menjadi lebih lazim pada waktu itu.

Ini termasuk kondisi medis seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, serta kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan kurangnya aktivitas fisik.

Studi ini menyoroti jumlah kematian dan rawat inap terkait penyakit jantung yang disebabkan oleh penyebab yang bisa dicegah dan bisa dicegah.

Serangan jantung, stroke, dan gagal jantung menyebabkan 2,2 juta orang dirawat inap tahun 2016 dan mengakibatkan 415.000 meninggal dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News