Peresmian Nara Kupu Jogja, Harapan Penunjang Ekonomi untuk Warga Sekitar

Peresmian Nara Kupu Jogja, Harapan Penunjang Ekonomi untuk Warga Sekitar
Kawasan Eduwisata Nara Kupu Jogja (NKJ) yang terletak di kaki gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta menggelar acara soft opening pada Sabtu (5/11) pagi. Foto: dokumentasi istimewa

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kawasan Eduwisata Nara Kupu Jogja (NKJ) yang terletak di kaki Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta, menggelar acara soft opening pada Sabtu (5/11) pagi.

Field Manager Nara Kupu Jogja Doni Darmawan mengatakan, dengan digelarnya soft opening tersebut, pihaknya optimistis kedatangan wisatawan dalam dan luar negeri akan menunjang sektor ekonomi masyarakat sekitar.

"Melalui kegiatan soft opening Nara Kupu Jogja ini, kami optimistis masyarakat sekitar mempunyai harapan baru untuk bersama menumbuhkan kesejahteraan melalui pengelolaan alam dan lingkungan," ujar Doni, Sabtu.

Doni mengatakan pihaknya berkomitmen menjadikan NKJ sebagai kawasan pengelolaan usaha mikro yang berkelanjutan mulai dari edukasi, produksi, pengelolaan, dan pemasaran.

Selain itu, NKJ mendukung upaya pemerintah untuk menciptakan ketahanan pangan dengan menjadikan pengembangan bidang agrikultura sebagai bagian dari perencanaan kawasan.

"Tentu, kami terus membangun sinergi dengan masyarakat dan komunitas sekitar dengan mendorong penggunaan material lokal. Kami akan menjadikan NKJ sebagai destinasi eco cultural tourism dan agroeduwisata,” katanya.

Dia menambahkan, selain lokasi urban digital farming, penangkaran rusa, dan hewan ternak, pihaknya terus melengkapi kawasan tersebut dengan fasilitas penunjang seperti perpustakaan, toko oleh-oleh yang menjual produk ramah lingkungan, klinik kesehatan, homestay, dan kafe atau restoran.

"Kami juga berprinsip mendukung pola hidup sehat salah satunya menyosialisasikan penganan sehat dari sayuran organik,” tuturnya. (mcr4/jpnn)

Kawasan Eduwisata Nara Kupu Jogja (NKJ) yang terletak di kaki gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta menggelar acara soft opening pada Sabtu (5/11) pagi.


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News