Periksa Warga, Korporasi Belum Tersentuh

Periksa Warga, Korporasi Belum Tersentuh
Periksa Warga, Korporasi Belum Tersentuh
JAKARTA -Pengusutan kasus pembakaran lahan dan hutan di Riau belum menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Hingga kini, polisi masih sibuk menangkapi pelaku perseorangan yang terbukti membakar lahan. Penyidik belum mampu membuktikan keterlibatan korporasi dalam kasus tersebut.

Hingga kemarin, Polda Riau telah menetapkan 17 tersangka untuk delapan kasus pembakaran lahan. Tersangka paling banyak masih berasal dari Kabupaten Rokan Hilir dengan jumlah 10 orang. Selebihnya tersebar di Bengkalis (2), Palalawan (2), Dumai (2), dan Siak (1). "Mereka ini sementara sebagai pelaku-pelakunya langsung," terang Karopenmas Mabes polri Brigjen Boy Rafli Amar di kantornya kemarin.

Alumnus Akpol 1988 itu mengatakan, pihaknya masih mendalami adanya keterlibatan pihak korporasi dalam kasus kebakaran tersebut. pemeriksaan terhadap ke-17 orang tersebut bakal dikembangkan untuk mengetahui apakah di antara mereka ada yang bekerja untuk perusahaan.

Disinggung mengenai lima perusahaan yang sedang diselidiki polisi, Boy masih bungkam. Dengan dalih masih sebatas penyelidikan, pihaknya masih menutup rapat identitas perusahaan yang diduga terlibat dalam pembakaran lahan di Riau. "Nanti kalau sudah penyidikan baru akan kami sampaikan," lanjut mantan Kabidhumas Polda Metro Jaya itu.

JAKARTA -Pengusutan kasus pembakaran lahan dan hutan di Riau belum menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Hingga kini, polisi masih sibuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News