Peringatan BMKG, Waspada Gelombang Laut Mencapai 4 Meter

Peringatan BMKG, Waspada Gelombang Laut Mencapai 4 Meter
Arsip - Sejumlah pengunjung pantai wisata domestik nekat memaksakan diri mandi ditengah gelombang tinggi di perairan pantai Ujong Blang Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Minggu (11/9). (FOTO ANTARA/Rahmad/ss/pd/11)

jpnn.com, BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat Provinsi Aceh mewaspadai ketinggian gelombang laut mencapai 4 meter di wilayah ujung barat Indonesia itu dalam beberapa hari ke depan.

Koordinator Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad mengatakan peringatan itu dikeluarkan untuk perkiraan tinggi gelombang laut mulai 4-6 September mendatang.

"Waspada potensi gelombang tinggi di wilayah perairan barat Aceh dan perairan Samudera Hindia Barat Aceh, yang dapat mencapai 4 meter," kata Zakaria di Banda Aceh, Sabtu (4/9) malam.

BMKG juga meminta masyarakat waspada terhadap potensi gelombang laut dengan ketinggian mulai 1,25 meter hingga 2,5 meter di Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, perairan penyeberangan Banda Aceh - Sabang dan perairan Lhokseumawe.

Kemudian, perairan penyeberangan kapal menuju Kabupaten Simeulue dari Kabupaten Aceh Barat atau Kepulauan Sinabang - Meulaboh. 

Sementara perairan barat Aceh dan perairan Samudera Hindia Barat Aceh tinggi gelombang mulai 2,5 meter hingga 4 meter.

Untuk klasifikasi tinggi gelombang laut 1,25 meter hingga 2,5 meter masih kategori sedang, sedangkan ketinggian mulai 2,5 hingga 4 meter sudah kategori tinggi.

Oleh sebab itu, Zakaria mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan ketika melaut dalam kondisi cuaca tersebut.

Peringatan BMKG, masyarakat Aceh diminta waspada gelombang laut mencapai 4 meter di Provinsin Aceh dalam beberapa hari ke depan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News