Peringatan Cuaca BMKG Sebut 2 Wilayah Rawan Potensi Bencana Hidrometeorologi

Peringatan Cuaca BMKG Sebut 2 Wilayah Rawan Potensi Bencana Hidrometeorologi
BMKG memprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia, Senin (1/11). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuca hari ini.

BMKG memprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia, Senin (1/11).

Berdasarkan situs resmi BMKG.go.id, sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Sumatera Barat-Bengkulu yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari perairan timur Riau sampai Sumatera Selatan.

"Pesisir selatan Yogyakarta hingga Samudera Hindia barat Lampung, dari Kalimantan Barat hingga perairan timur Lampung, dan dari Laut Sulawesi hingga Laut Jawa," tulis BMKG.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut China Selatan hingga Laut Natuna dan dari Papua hingga Teluk Cendrawasih.

Kondisi tersebut, menurut BMKG, meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Potensi cuaca buruk, dengan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi di Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat.

BMKG memprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia, Senin (1/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News