Peringatan dari BMKG, Waspada Potensi Gelombang Tinggi 5 Meter di Perairan Sumut-Aceh

Peringatan dari BMKG, Waspada Potensi Gelombang Tinggi 5 Meter di Perairan Sumut-Aceh
Ilustrasi - Nelayan menatap ombak di pinggiran Pantai Pondok Perasi Ampenan, Mataram, NTB. Foto: dok Antara

jpnn.com, BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi gelombang tinggi 2,5 hingga lima meter terjadi di wilayah perairan Sumatera dan Aceh.

"Waspadai gelombang tinggi sampai lima meter di Samudera Hindia barat," ucap Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Medan Sugiyono di Medan, Ahad.

Cuaca buruk di laut, katanya, berlangsung hingga pekan depan yang meliputi perairan Nias - Sibolga dan Samudera Hindia barat Nias di Sumut.

Kemudian, lanjut dia, perairan barat Aceh, perairan Meulaboh - Sinabang, perairan utara Sabang dan perairan Samudera Hindia barat Aceh.

"Angin di atas perairan Sumatera bagian utara umumnya bergerak dari timur hingga barat daya dengan kecepatan 2 - 20 knot atau 3,7 - 37 kilometer per jam," ujar dia.

Dia mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan tetap memerhatikan risiko tinggi keselamatan pelayaran, terutama nelayan modern maupun tradisional.

"Kami juga memohon masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir atau sekitar area berpeluang terjadi gelombang tinggi tetap waspada," tutur Sugiyono. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BMKG mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan tetap memerhatikan risiko tinggi keselamatan pelayaran terhadap gelombang tinggi


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News