Peringatan Hari Malaria Sedunia, Menkes Bahas Covid-19 di India

Peringatan Hari Malaria Sedunia, Menkes Bahas Covid-19 di India
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyinggung lonjakan kasus Covid-19 di India dalam acara peringatan Hari Malaria Sedunia 2021 di gedung Kemenkes, Selasa (27/4).

Menurutnya, Indonesia merupakan negara tropis yang banyak memiliki penyakit menular. Covid-19 dan malaria adalah dua penyakit menular yang bisa dikendalikan dengan protokol kesehatan.

"Malaria salah satu di antaranya, COVID-19 juga salah satu penyakit menular yang ada di mana-mana," kata Budi setelah menyerahkan sertifikat eliminasi malaria kepada 12 kabupaten dan kota.

Upaya yang paling penting, kata Budi, seperti penanganan penyakit menular lainnya yaitu penerapan protokol kesehatan.

"Malaria ini perlu ada protokol kesehatan, bagaimana kita memastikan seluruh jentik-jentik, genangan air bisa teridentifikasi dan tertangani dengan baik," ucap mantan wakil menteri BUMN itu.

Budi menyinggung kondisi di India yang menurutnya memiliki laju vaksinasi yang tinggi tapi lengah dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal ini mengakibatkan lonjakan tinggi kasus Covid 19 sehingga rumah sakit tidak bisa lagi menampung pasien di negara tersebut.

"Per hari 350 ribu, naik dari jumlah lima ribu setiap harinya. Kalau pakai hitung-hitungan kasar, 20 persennya masuk rumah sakit. 350 ribu per hari, 70 ribu masuk rumah sakit," tutur Budi.

Menteri berusia 56 tahun itu mengimbau masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan sebagai upaya mencapai Indonesia yang bebas malaria pada 2030 mendatang.

Menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, Covid-19 dan malaria adalah dua penyakit menular yang bisa dikendalikan dengan protokol kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News